Wednesday, May 16, 2012

Kiat Memilih Perangkat MODEM


Internet saat ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, Internet saat ini sudah tersedia dimana-mana dan tumbuh pesat siring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pendek kata segala aktivitas kita saat ini tidak terlepas dari Internet. Agar dapat senantiasa mengakses Internet secara mobile (berpindah tempat) dimana dan kapanpun diperlukan perangkat laptop, PC Tablet, iPad, smartphone dan perangkat modem. Perangkat utama yang digunakan saat ini yaitu USB Stick Modem GSM/CDMA yang dapat dibawa kemana-mana. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Modem untuk keperluan Internet anda :
Kenali Kualitas Modem :
Pilihlah Modem yang murah tetapi bukan murahan, sebuah modem yang baik dapat menangkap sinyal tanpa terputus-putus. Software modem-nya juga harus berkualitas, yaitu Driver yang disertakan dalam modem dapat digunakan pada sistem operasi komputermu. Ada beberapa Operating System (OS) yang banyak digunakan saat ini seperti Linux, Macintosh, Windows XP, Windows 7 dll.
Semua Modem dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internetmu. Pilihlah modem yang dapat dimodifikasi untuk semua provider internet ( Modem Unlock ) artinya Modem-mu dapat digunakan untuk semua jenis kartu CDMA/GSM dengan menyesuaikan kekuatan sinyal di Daerah-mu. Bila kamu memilih Modem terkunci oleh provider internet tertentu ( Modem Lock ) maka kamu tidak dapat mengganti SIM-Card dengan yang lain. Modem jenis Lock biasanya dijual secara terpaket dengan salah satu penyedia jasa internet.
Kenali Jenis Modem :
Terdapat 2 jenis SIM-Card yang digunakan pada Modem yaitu GSM (misalnya Simpati, Three, Mentari, Axis, dll) dan CDMA ( Misalnya Fren, AHA, Flexi, Smart, dll ). Jangan sampai membeli modem GSM jika hendak menggunakan kartu Flexi dan begitu juga sebaliknya.

Memilih Provider Internet :
Saat ini para Provider Internet berlomba-lomba menawarkan paket internet, untuk dapat memilih yang bagus sebaiknya anda bertanya dengan rekan yang telah terlebih dahulu menggunakan, pilihlah jaringan koneksi internet yang baik agar saat Loading tidak menghabiskan waktu anda. Semakin tinggi paket yang ditawarkan biasanya semakin cepat koneksinya.
Kenali  Kekuatan Sinyal di Daerahmu :
Jangan heran apabila kamu mendapati kualitas jaringan internet yang jelek di rumahmu, tetapi malahan bagus dirumah temanmu. Umumnya Modem secara otomatis menurunkan tipe koneksi kamu dari 3G ke 2G bila sinyal 2G lebih cepat dari sinyal 3G. Beberapa Modem biasanya dapat kita setting secara manual untuk selalu terhubung dengan jaringan 3G. Baik atau tidaknya suatu koneksi internet juga dipengaruhi banyaknya pengguna internet di daerah itu. Suatu Tower (BTS) jaringan internet umumnya sanggup menerima 40 users secara bersamaan dalam satu waktu. Sebelum memutuskan memilih GSM atau CDMA sebaiknya bertanya kepada teman yang telah menggunakan terlebih dahulu.

Masa Garansi dan Model Modem :
Pilihlah modem yang dijual secara resmi dan memberikan garansi demi kenyamanan dan menghindari kerugian kamu. Jangan tertipu dengan modem yang kecil dan cantik bentuknya namun kualitasnya kurang mumpuni. Dan pilihlah fitur modem yang lengkap seperti adanya fasilitas voice dan sms sehingga kamu dapat melakukan cek pulsa seperti di HP-mu. Saat ini banyak tersedia HP dengan fasilitas Modem, jika kamu harus menggunakannya maka kenali terlebih dahulu kualitasnya. Hindari modem yang bisa dilipat-lipat, karena konektor USB-nya lebih cepat rusak.
( Sumber Majalah Andaka dan sumber lain )

No comments:

Post a Comment