Tuesday, March 13, 2012

Pengertian dan Ciri-ciri Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia ( lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia )Beberapa pengertian globalisasi :
  1. Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara elemen-elemen yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional
  2. Globalisasi juga bisa diartikan proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
  3. Selain itu globalisasi juga berarti meningkatnya saling keterkaitan antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik dan pertukaran kebudayaan. 
Jadi globalisasi mencakup semua bidang seperti proses perubahan sosial, arus informasi, aliran barang, jasa dan uang serta pertukaran budaya.
Hal yg mendorong derasnya arus globalisasi adalah kemajuan dlm bidang :
  1. Teknologi informasi Perkembangan pesat teknologi informasi melalui penggunaan komputer, satelit dan internet memungkinkan orang mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat.
  2. Teknologi KomunikasiMurahnya harga hp ( telp seluler ), kartu perdana dan layanan pesanan singkat (sms)memungkinkan komunikasi antar orang tidak terganggu jauhnya jarak.
  3. Transportasi Kemajuan transportasi baik darat, laut maupun udara menyebabkan pergerakan ( mobilitas) manusia dari satu negara ke negara lain semakin cepat.
Arus globalisasi tidak mungkin bisa dibendung karena berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi.Anggapan terhadap Globalisasi :

Globalisasi akan membuat dunia seragam sehingga menghilangkan jati
diri bangsa, kebudayaan lokal dan identitas suatu daerah, karena arus budaya yang lebih besar yang merupakan budaya dan identitas global. Anggapan ini tidak semuanya benar karena terdapat arus globalisasi yang baik dan membawa kemajuan bagi manusia/ masyarakat.

Ciri-ciri Globalisasi
  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam, televisi satelit dan internet.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung satu negara dengan negara lain
  3. Peningkatan interaksi budaya antar negara melalui media massa
  4. Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama.

No comments:

Post a Comment